Wednesday 27 May 2009

Evolusi gadget

Dulu, waktu tiap hari nongkrong di bis kota Rambutan-Kota, ada 3 hal yang klasik: nyari teman sebelah yang ehem, bawa koran tempo seribu perak (sampe tukang korannya hafal) dan scratch book. Yang pertama rasanya adalah basic instinct; semua orang sudah tahu maksudnya. Yang kedua, paling penting rubrik Teknologi karena New Scientist harganya 2 juta setahun. Yang ketiga, memformulasikan input yang sudah didapat.

Dari scratch book yang seukuran palmtop sekarang (motong sendiri dari bundel buku gambar yang besar dan yang salah satu potongannya dikasih ke mbak Odil) plus pinsil, saya mikir kalau make HP pasti enak.

Alhamdulillah, Allah yang Maha Mendengar menghadirkan Ericsson R380 dengan stylus. HP tsb hadir di Indo atas jasa pasar gelap. Harganya 350k. Sempat bikin heboh anak nongkrong karena harga & fungsionalitasnya. Ternyata HP biru gelap ini cepat gelap total alias kacau softwarenya.

Dari nutul dengan stylus yang membosankan, sepertinya enak kalau gadgetnya bisa seperti buku gambar lama. Maka, Allah menurunkan HP Ipaq 1560 (?) yang hanya bisa buat catetan doang minus online. Wah, senang sekali. Tito yang paling berjasa atas turunnya gadget ini. Cuman, ternyata nulis dengan stylus tidak seindah yang dibayangkan. Bahkan nutul keyboard virtual dengan stylus lebih baik.

Pergilah Ipaq karena layarnya leak, datang Nokia 9210i. Allahu Akbar! Ternyata keyboard QWERTY yang paling nyaman untuk mengelola ide. Sayang gadget satu ini ringkih di engsel. Udah gitu, ukurannya bikin orang klenger.

Sekarang, Alhamdulillah, 9300 bekas yang dibeli dari Budi masih bagus. Cuman batrenya aja yg udah melembung. SAYANGNYA gak komunikasi sama komputer.

So, sepertinya bagus kalau hand gadget yang akan datang dari OPENMOKO atau GOOGLE ANDROID. Yang pertama, di Indo belum beredar, yang kedua (http://yusbu.blogspot.com/2009/05/google-android.html) masih mahal buat PNS Gol. III/c.

In the mean time, untuk ide yg lebih serius (i might call a think pad), Acer 14" dengan Puppy Linux atau sedang dicari yg lebih ringan macem tomsrtbt bisa load lebih cepat ketimbang waktu load bios sekalipun! Gotta check http://www.linuxlinks.com/Distributions/Mini_Distributions/ for this. However, I'm not to implant that into my old Acer 14" soon. Hoping the new 12" one will arrive soon and I can fly with it.

Lastly, if you have head that is blown by ideas very often like what Allah brings to me and it takes gadget to contain, I might suggest a 10" flybook a.k.a netbook, and not any smaller thing. Of course, beside OPENMOKO or GOOGLE ANDROID. And safe the rest for those who need!

No comments:

Post a Comment