Tuesday 17 May 2011

Arabic keyboard di OpenOffice

Karena pengen nulis السّلام عليكم di OpenOffice dan kmail, saya pindah ke setting keyboard arab di KDE. Ternyata, di OpenOffice belum ada model ngetik right to left. Kalau saya menggunakan Ubuntu, maka dengan mudah saya bisa masang fitur Sabily.
$ sudo apt-get install sabily
Tapi karena saya make Debian dan hanya perlu nempelin icon dari kanan ke kiri di OpenOffice, maka saya search paket arab di Ooo,
$ apt-cache search arabic and openoffice
lalu install
$ sudo apt-get install hunspell-ar openoffice.org-l10n-ar
setelah itu ngikut tutorial di openoffice forum dibawah:
Tools > Options > Language Settings > Writing Aids
Di bagian CTL, pilih Arabic - Saudi Arabia (gambar bawah).


Mudah-mudahan manfaat.
Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment