Monday 11 March 2013

Netbook intel atom

Linux apa yang cocok untuk HP Netbook?

Netbook Zyrex
Netbook berbasis intel atom sangat Linux friendly, jadi "Linux apa saja" insya Allah masuk. Kalau saya harus membuat urutan, ya mulai Debian Stable, Debian Testing, Ubuntu 12.04 dan turunannya (termasuk BlankOn karena punya cita rasa Indonesia yang kuat dan insya Allah lebih dekat dengan daerah tropis kepulauan), dan IGOS Nusantara. Yang terakhir, basisnya Fedora, jadi beberapa tutorial disini perlu diadaptasi sedikit. Untuk itu, milis IGN di yahoogroups cukup responsif.

Lebih jauh, penjelasan atas pertanyaan "Linux apa yang cocok untuk HP Netbook?" sebenarnya terkait dengan kernel atau inti dari sistem operasi. Kernel terkait dengan (tugasnya untuk mengontrol kinerja) hardware yang ada di komputer. Netbook, umumnya menggunakan prosesor Intel Atom yang hampir seluruhnya menggunakan mainboard Intel D945GCLF dan kelas sejenisnya. (Controller/chipset) Hardware (VGA, soundcard, Ethernet) yang nangkring diatas mainboard tersebut tidak dipesan oleh pabrik (Sistem Operasi) tertentu, sehingga drivernya dengan mudah masuk ke kernel Linux. Jadi, dengan sekali install Linux, kita bisa langsung plug and play tanpa repot menginstal driver.

Lebih dalam sedikit, sebuah hardware bisa dugunakan dengan Linux atau tidak sebenarnya bergantung hardware tersebut 'sudah dipesan' oleh pengembang sistem operasi tertentu atau tidak. Jadi, apa yang kita terima dari para produsen hardware selama ini bahwa "Hardware ini didesain untuk OS itu" sebenarnya adalah iklan terselubung. Sebenarnya, pabrik 'OS itu' yang mengikat pabrik hardware agar konfigurasi hardwarenya tidak diumumkan sehingga untuk membuat driver di selain 'OS itu' jadi sulit. Akibatnya, Linux yang setia dengan konsep gotong royong untuk kemanusiaan tidak bisa membuat drivernya kecuali dengan guessing kinerja hardware tsb. Proses kadang mudah, kadang sulit, kadang menghasilkan driver yang lebih baik ketimbang bikinan pabrik hardware itu sendiri.

Maka, jangan heran kalau di jaman OS 'hanya ada 2', OS yang selain Linux tidak pernah ngiklan di media apa pun. Karena sebenarnya, kepala kita sudah dipenuhi iklan terselubung di bungkus printer, modem, monitor, dst. Baru sekarang saja OS yang satu itu ngiklan di banyak media, karena sekarang OS sudah banyak dan sudah jauuuh lebih modern ketimbang yang sedang rajin ngiklan. Lebih penting lagi, kalau gadget dilisting sebagai komputer, maka tampak bahwa (kernel) Linux yang diwakili (salah satunya oleh) Android prosentase pasarnya selalu naik. Yaah ... terpaksa deh sekarang ngiklan diman-mana. Iklan teknologi yang sudah basi ...

1 comment:

  1. iklan terselubung...menarik juga...
    netbook sya juga katanya seperti itu,..
    katanya hanya untuk OS jendela saja...
    tapi nyatanya...adem ayem dengan ubuntu 12.04..
    emang sih sedikit otak-atik sana sini...

    ReplyDelete